Setiap perempuan yang memasuki dewasa atau remaja akan merasakan masa menstruasi. Menstruasi ialah suatu proses keluarnya darah dari rahim wanita sebab luruhnya lapisan dinding rahim. Di dalam dinding rahim unsur dalam berisi tidak sedikit pembuluh darah serta sel telur yang tak dibuahi. Menstruasi pasti dirasakan oleh seluruh wanita normal sebab memang telah kodratnya.

Kala perempuan sedang dalam masa menstruasi, ada sejumlah hal yang mesti anda perhatikan. Sebab, andai tidak maka akan memunculkan masalah kesehatan untuk wanita. Yuk, langsung aja disimak:

1. Segera Keringkan Rambut Setelah Keramas

Keramas bertujuan guna menghilangkan kotoran, debu dan minyak, serta bekas keringat yang menempel di rambut kulit kepala. Karena itu, walau sedang haid, anda tetap mesti keramas. Namun, segera keringkan rambut anda karena dapat mengakibatkan sakit kepala.

2. Jaga Kehangatan

Usahakan guna tidak mengobarkan AC atau pake jaket untuk mengawal kehangatan tubuhmu.

3. Jangan Minum Air Dingin

Banyak yang menuliskan bahwa minum air es pada ketika menstruasi itu dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan sejumlah gangguan lainnya. Memang pada dasarnya, saat kita meminum es terlampau banyak. Maka dapat saja akan mengakibatkan perut terasa kembung dan penuh, yang bisa berujung pada sakit perut. Apalagi bila kondisi lambung dan perut anda sensitif. Minumlah air hangat atau teh hangat, badan anda akan berterimakasih kepadamu.

4. Jangan Makan Manis-manis

Banyak yang mengira santap makanan manis sekitar haid tidak mudah gemuk. Tapi asumsi ini salah total. Hal ini terjadi sebab air di dalam tubuh dikeluarkan, sampai-sampai berat badan anda akan berkurang kira-kira satu kg. Jadi, tetap kontrol makananmu yah.

5. Jangan Terlalu Lelah

Saat haid, sangat urgen untuk tidak sedikit istrirahat. Terlalu capai melulu akan memperpanjang siklus haid atau menggandakan darah keluar.

6. Tetap Positif

Jika perempuan marah atau sedang kesal, mungkin anda akan bertanya, "lagi haid yah?". Wanita yang lagi haid memang ingin gampang bete, namun anda tetap mesti mengawal suasana hatimu. Jangan mudah marah yah, sebab* hal ini bakal melukai organ hatimu.

7. Jangan Berendam

Serviks uterus lebih terbuka ketika haid, sampai-sampai lebih retan terhadap kontaminasi. Sebaiknya hindari berendam ketika mandi, lagipula berenang.

8. Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Haid

Buah, sayuran dan makanan yang tercipta dari gandum ialah teman terbaik anda sepanjang waktu, terutama ketika haid. Di samping itu, wanita memerlukan paling tidak 1.200 mg kalsium tiap harinya, lagipula saat haid. Beberapa sumber kalsium yang baik ialah brokoli dan yogurt. Hindari santap garam yang berlebihan sebab* garam dapat menciptakan perut kembung.

9. Jaga Kebersihan

Pori-pori mudah terbuka ketika haid sampai-sampai kulit wajah mudah tumbuh jerawat. Pastikan anda menjaga kesucian semaksimal barangkali yah.

10. Rendam Kaki

Banyak perempuan yang mengeluh pinggang sakit ketika haid. Rendam kakimu dengan air hangat, urusan ini bisa melancarkan peredaran darah, pinggang juga gak sakit lagi deh.

Semoga tulisan ini berfungsi yah! Jangan lupa guna SHARE tulisan ini!