Bila kalian perhatikan dengan seksama, di jari kita masingmasing ada bagian yang berwarna putih yang terletak pada bawha kuku. 


Bagian putih ini bernama lunula atau kita sering menyebutnya dengan bln. sabit kuku. Sedikit orang 
tahu tentang sisi ini. Ukuran lunula ini berbentuk 1/2 lingkaran di dasar setiap kuku. Padahal daerah 
putih di sekitar kuku anda sebenarnya adalah bagian yang sangat sensitif dan penting. Yakin atau tidak, bagian ini penting untuk menunjukkan kondisi kesehatanmu. Dilansir dari brightside. 

me kalau beberapa berpendapat kalau lunula bisa menunjukkan sehat atau tidaknya seorang. 
Lunula dipercaya dapat menunjukkan seorang menderita berbagai penyakit yang mempengaruhi organ-organ dalam tubuhnya. 


1. Tidak ada lunula di jempol Bila di jari jempolmu tidak ada bulan sabit atau lunula ini menunjukkan adanya penyakit psikologis. 

2. Lunula di jari telunjuk lunula Tidak ada lunula atau hanya begitu kecil berita putih di jari telunjuk dapat menunjukkan kalau seseorang memiliki masalah dengan ususnya. Tidak hanya itu itu juga bisa 
mengindikasikan ada masalah dengan hati atau pankreas. 
Dan masalah dengan sistem reproduksi dalam kasus perempuan. 

3. Lunula di jari tengah Hilangnya lunula dari jari tengah bisa menunjukkan masalah dengan desakan arteri. 

4. Lunula di jari manis Bila di jari manismu lunula sangat sedikit itu berarti jadi tanda bahwa anda adalah seseorang yang memiliki masalah dengan sistem endokrin. 
Sistem endokrin yaitu jaringan dalam tubuh manusia dari kelenjar yang menghasilkan lebih dari 100 hormon untuk mempertahankan dan mengatur fungsi tubuh dasar. 

5. Lunula di jari kelingking Hilangnya lunula dari jari kelingking mungkin menjadi tanda bahwa usus seseorang sedang bermasalah. Jadi, sekarang sudah tahu kan bagian putih itu ada fungsi nya dan itu penting untuk kesehatan kalian. Sekarang yuk cek lunula yang ada di bagian kuku jari kalian 

sumber : http://news.viatekno.com/2016/12/waspadalah-ternyata-bagian-putih-di.html?n=3