Tanda tanda liver dapat di kenali dengan anda memperhatikan pergantian yang terjadi pada tubuh. Liver atau hati yakni organ terbesar pada badan yang memiliki banyak fungsi. Satu diantara fungsi dari organ hati atau liver yakni mengganti sel tubuh yang rusak/hilang. Tetapi, bila sel-selnya hilang jadi, liver tidak dapat memenuhi keperluan badan dengan baik. 

Karenanya, kesehatan liver harus terbangun karena demikian banyak dan paling utama fungsinya untuk tubuhmu. Terdapat banyak penyakit liver salah satunya sirosis hati, hepatitis, kanker hati dan yang lain. Penyebabnya penyakit liver yang seringkali yaitu karena infeksi virus. Agar anda tahu apabila organ liver punya masalah, baiknya kenali beberapa gejalanya. 


1. Sering merasakan kram atau sakit di perut 

Organ hati atau liver ada dibagian dada samping kanan diatas perut. Waktu terganggu, sisi itu aakan merasakan kram dan sakit. Tanda-tanda ini bisa berulang bahkan juga makin parah bila tidak selekasnya peroleh penanganan. 

2. Sembelit 

Karena sistem produksi empedu terhalang bisa menyebabkan sembelit atau susah BAB. Bila sembelit biasa pasti lebih banyak makan makanan memiliki serat serta minum obat pencahar akan pulih. Tetapi, bila organ liver punya problem, sembelit berlangasung hingga beberapa minggu. 

3. Nafsu makan berkurang 

Satu di antara fungsi liver yaitu menghasilkan empedu yang bertugas untuk memecah sari-sari makanan dan menimbulkan 
perasaan lapar. Apabila hati bermasalah, tentu produksi empedu terbatas mengakibatkan metabolisme lambat dan menimbulkan rasa kenyang di perut. Hingga, penderita kerusakan hati akan kehilangan nafsu makannya yang selanjutnya berat tubuh selalu menurun. 

4. Sering ingin mual dan muntah 

Saat organ hati terganggu, tubuh akan menunjukkan tanda-tanda liver seperti mual dan muntah yang berulang. Hal sejenis ini karena ada penumpukan toksin dalam tubuh terlebih pada saluran pencernaan. Nah, untuk menetralisir ini badan merangsang rasa muah hingga semua toksin dimuntahkan. Bila anda sering merasakan muntah tanpa ada alasan, periksakan diri ke dokter secepat-cepatnya. 

5. Terjadi perubahan warna urin serta f3s3s 

Pasien liver biasanya mengalami perubahan warna urin. Sebab, kandungan bilirubin yang di buat oleh organ ginjal tidak dapat lagi disaring oleh hati. Berikut yang membuat warna urin berubah jadi lebih gelap dari biasanya. Selain itu, warna feses juga ikut berubah jadi lebih kuning atau abu-abu. 

6. Perut merasa kembung 

Saat keadaan liver semakin tambah kritis, perut bakal merasa kembung dan tampak lebih mengembang. Ini lantaran ada penumpukan cairan hati di dalam perut. Kondisi seperti itu mengisyaratkan sinyal tanda liver yang beresiko serta butuh perlakuan pas. 

7. Kaki dan tangan jadi bengkak 

Tidak hanya ada timbunan di perut, cairan yang di produksi akan menyebar ke sisi badan yang lain seperti kaki dan tangan. Itu yaitu ciri yang sering dihadapi oleh pasien liver. Tidak cuma bengkak tetapi akan terasa lembek waktu disentuh. 

8. Gampang lelah 

Waktu liver telah tidak dapat lagi untuk memproses serta membuang toksin dalam tubuh. Racun menebar ke darah, jaringan otot dan organ yang lain. yang jadikan metabolisme terhalang hingga menyebabkan perasaan lelah yang tidak dapat di hilangkan walau telah beristirahat. 

9. Kulit lebih sensitif 

Tanda-tanda liver yang paling akhir yaitu kulit lebih peka. Kulit penderitanya akan merasa gatal-gatal lalu memerah dan urat-urat terlihat lebih menonjol. 

Tersebut 9 tanda-tanda liver yang perlu anda kenali, sebagai langkah waspada dalam menghadapi masalah yang terjadi pada organ hati. 

sumber : 7-shares. blogspot. com