Listrik kini menjadi kebutuhan masyarakat modern. Saat ini, listrik prabayar atau listrik pandai lebih sering dipakai oleh orang-orang. Pemakaian listrik pra bayar dapat membuat pemakaianya mengendalikan listrik yang digunakan. 

System listrik pra bayar sama systemnya dengan pulsa pra bayar pada telepon genggam hingga memudahkan pengguna. Diluar itu, keuntungan listrik pra bayar yaitu pengguna tidak perlu mencemaskan biaya keterlambatan yang menghantui.  

Harga dari voucher listrik pra bayar sekitar dari Rp 20 ribu sampai dengan Rp 2 juta. Tergantung dari kekuatan si konsumen. Biaya listrik pra bayar ini umumnya dikenai cost administrasi bank dan PPJ (Pajak Penerangan Jalan) maksimal 10%. 

Diambil Radarislam. com dari laman Tempat tinggal. com (19/9), ke-2 biaya penambahan ini cukup besar sehingga dapat membengkak bila penggunaan listrik tidak dikontrol dengan baik. Lantas apa panduan agar biaya pulsa listrik dapat ditekan? Simak beberapa tips tersebut : 

1. Lampu LED 

Telah bukanlah rahasia yang umum bila pemakaian lampu LED dapat meminimalisir biaya pulsa listrik yang cukup besar. Lampu jenis ini miliki kelebihan yakni lebih irit daya, tak panas serta lebih terang. Diluar itu warna benda yang dihasilkan lebih alami dan tahan lama. 
Lampu LED dapat juga mengeluarkan sinar yang lebin jelas setara dengan lampu yang berdaya listrik lebih besar. 

2. Berikanlah banyak ventilasi di rumah 

Tidak disangkal bahwa AC mengonsumsi daya listrik yang cukup besar hingga memerlukan biaya listrik yang cukup besar. Untuk mengatasinya, buat bukaan ventilasi dalam ruang tempat tinggal. Bila penempatannya cukup cocok, yang memiliki tempat tinggal tak perlu lagi memakai perlengkapan elektronik untuk mengusir udara panas. 

Supaya nyamuk tidak masuk, gunakan kasa nyamuk pada masing-masing ventilasi. 

3. Janganlah terus-terusan memakai mesin cuci 

Manfaatkanlah mesin cuci saat baju betul-betul kotor serta begitu banyak jumlahnya. Bila cuma membersihkan sebagian potong baju saja, lebih baik membersihkan manual dengan tangan sendiri. 

4. Pakai wastafel dapur dengan baik 

Cuci piring pada wastafel waktu telah menumpuk banyak. Dengan hal tersebut, air dapat dihemat sedemikian rupa hingga penghematan listrik dapat jalan dengan optimal. 

Radar Islam/Tempat tinggal. com