Melahirkan merupakan proses yang tidak hanya menyakitkan tetapi juga menegangkan. Setelah 9 bulan 10 hari, seorang wanita yang sedang mengandung mengeluarkan sang buah hati. 

Persalinan adalah proses keluarnya bayi ke dunia luar. Persalinan merasa akan menyenangkan karena si kecil yang selama sembilan bln. bersembunyi di dalam perut anda bakal muncul terlahir ke dunia. Di segi lain persalinan juga menjadi mendebarkan khususnya untuk calon ibu baru, dimana terbayang proses persalinan yang menyakitkan, mengeluarkan daya yang begitu banyak, bahkan juga beresiko menyebabkan kematian. 

Proses melahirkan dapat dilakukan dengan normal jalan lahir/vagina (persalinan pervaginam) atau persalinan lewat sayatan pada dinding perut dan dinding rahim (persalinan perabdominam) atau dikenal dengan bedah sesar (seksio sesarea). 

Proses panjang persalinan terdiri ke dalam empat tahap, mulai dari pembukaan, step mengeluarkan bayi, tahap mengeluarkan plasenta lalu tahap pengawasa terhadap resiko bahaya pendarahan. 

90% manusia dapat melahirkan dengan cara yang normal, hanya sedikit saja yang butuh sesar. 


R4h1m ibu akan mengembang 500 kali lebih besar dari nornal untuk menampung kandungannya. Darah yang hilang yaitu hampir 1/2 liter. 

�Melahirkan memang sakit dan itu tentu, � jelas dr Achmad Mediana SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, seperti dikutip Radarislam. com dari laman Republika. co. id (03/05/13). 

Di ujung saat kehamilan, otot-otot di daerah rahim akan berkontraksi untuk membuka jalan lahir untuk bayi. Saat berkontraksi, otot akan mengerut kencang hingga menghambat aliran darah di dalamnya. Setiap perempuan akan mengalami rasa sakit yang berbeda derajatnya sepanjang proses melahirkan. Ada yang di pembukaan satu dan dua saja sudah sangat kesakitan. 

Terkadang, banyak ibu yang tidak tahan akan sakitnya rasa kontraksi. Belum lagi bukaan akhir, mereka menyerah serta pilih melahirkan secara caesar. 

Rasa sakit yang dialami oleh wanita ketika melahirkan yaitu 57 Del. Itu setara dengan dipatahkannya 20 tulang secara serentak. Padahal, umumnya badan manusia hanya dapat menanggung rasa sakit sampai 45 Del. Tersebut kenapa ada wanita yang sampai pingsan bahkan alami kematian waktu proses persalinan. 

Tetapi jangan khawatir, Allah itu maha adil. Ibu yang bersedia menanggung rasa sakit waktu melahirkan akan mendapatkan pahala yang setara dengan 70 kali shalat dan puasa. Setiap rasa sakit pada satu uratnya, Allah menghadiahkan ibu pahala yang sama besarnya dengan pahala menunaikan ibadah haji. 

Bila seseorang merasakan kesakitan karena akan melahirkan. Jadi Allah akan memberikannya pahala. Radar Islam/Berbagai Sumber